PMB - (Penerimaan Mahasiswa Baru)

Akademi Metrologi dan Instrumentasi



Hubungi kami +62 813 5500 0872

PENGUMUMAN NOMOR 434/SJ-DAG.10/AKMET/PENG/08/2020

Oleh: Admin | Dibuat tanggal: 08 Sep 2020

PENGUMUMAN

NOMOR 434/SJ-DAG.10/AKMET/PENG/08/2020

TENTANG

PENGUMUMAN HASIL TES KEMAMPUAN AKADEMIK (TKA)

DAN PELAKSANAAN PSIKOTES

CALON MAHASISWA BARU AKADEMI METROLOGI DAN INSTRUMENTASI

KEMENTERIAN PERDAGANGAN

TAHUN 2020

 

Berdasarkan Keputusan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) Tahun 2020, dengan ini diumumkan sebagai berikut:

  1. Jumlah peserta TKA sebanyak 620 orang, dan yang dinyatakan memenuhi persyaratan mengikuti psikotes sebanyak 289 orang (daftar nama sebagaimana terlampir).
  2. Psikotes akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal        : Jum’at/28 Agustus 2020

Waktu                   : 13.30 s.d. 15.00 WIB

  1. Pendaftar yang akan mengikuti psikotes wajib mengirimkan Surat Pernyataan Kesediaan Mengikuti Psikotes dengan format sebagaimana terlampir melalui email d3mi@akmet.ac.id paling lambat 24 Agustus 2020.
  2. Pendaftar yang tidak mengirimkan surat kesediaan mengikuti psikotes dianggap mengundurkan diri;
  3. Keputusan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru tidak dapat diganggu gugat.

 

Adapun syarat dan ketentuan psikotes yang harus diperhatikan dan dijadikan pedoman oleh peserta tes adalah sebagai berikut:

  1. Peserta tes akan mendapatkan email yang berisi undangan dari PT. Talent Fit Indonesia                          (no-reply@talentics.id) untuk mengikuti psikotes. Email akan diterima paling lambat, Selasa, 25 Agustus 2020. Peserta dapat mengecek email di inbox, spam, promotions atau folder lainnya. Apabila sampai hari Rabu, 26 Agustus 2020, peserta belum menerima email maka dapat menghubungi panitia melalui WhatsApp di nomor 081355000872 atau email d3mi@akmet.ac.id.
  2. Peserta tes mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang tertera di undangan.
  3. Peserta tes diharapkan sudah menyelesaikan tes sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Tidak ada dispensasi perpanjangan waktu tes.
  4. Waktu pengerjaan adalah waktu total. Apabila peserta tes tidak selesai saat waktu pengerjaan sudah habis, maka sistem secara otomatis akan mengakhiri tes.
  5. Peserta tes wajib memastikan memasukkan data diri sesuai dengan KTP.
  6. Peserta tes wajib mengikuti tes menggunakan Personal Computer (PC)/ Laptop/Smartphone dengan kamera fungsional (webcam) dan kondisi baterai yang baik, serta mengakses tes menggunakan browser Google Chrome.
  7. Peserta tes harus memastikan koneksi internet dengan keadaan baik dan stabil (minimum kecepatan 1 Mbps).
  8. Pelaksanaan psikotes akan diawasi melalui webcam. Peserta tes harus memastikan webcam selalu menyala selama melaksanakan tes. Mematikan webcam akan membuat peserta tidak dapat mengakses tes sampai webcam dinyalakan kembali.
  9. Peserta tes wajib mengenakan pakaian yang rapi dan sopan.
  10. Peserta tes wajib melaksanakan tes di ruangan yang tidak ramai agar dapat fokus mengerjakan tes.
  11. Peserta memastikan bahwa waktu pelaksanaan psikotes merupakan waktu luang sehingga mampu menyelesaikan tes tanpa distraksi apapun.
  12. Peserta tes tidak diperbolehkan melakukan aktivitas lain selama melaksanakan tes.
  13. Peserta tes tidak diperbolehkan membuka tab baru, berpindah ke tab lain, dan membuka aplikasi lain. Peserta juga tidak diperkenankan membuka buku dan menggunakan kalkulator.
  14. Apabila peserta tes mengalami kendala seperti listrik padam, laptop habis baterai, halaman/browser ujian tertutup secara tidak sengaja, atau internet terputus, peserta tes masih dapat membuka kembali tautan yang ada di email dan melanjutkan tes selama masih dalam waktu pengerjaan tes.
  15. Tidak ada tes susulan.
  16. Jika terjadi kegagalan sistem, peserta tes harus melampirkan screenshot atau foto layar penuh (high resolution) tanpa dicrop dengan kronologi yang dialami dan dikirimkan melalui nomor WhatsApp yang tertera di bagian bawah laman tes.
  17. Apabila dari hasil pemantauan kamera terlihat peserta melakukan kecurangan seperti mengerjakan tes dengan dibantu pihak lain, tes dikerjakan oleh pihak lain atau bentuk kecurangan lainnya, maka peserta akan didiskualifikasi dari proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Akmet Tahun 2020.
  18. Psikotes online tidak mempunyai menu pause di sistem, maka sebaiknya silahkan atur waktu peserta untuk mendapatkan hasil yang optimal (contoh: ke toilet sebelum mulai tes).
  19. Peserta menyiapkan kertas kosong dan alat tulis untuk keperluan menghitung.
  20. Permintaan akses kamera pada gawai peserta hanya diperlakukan selama peserta mengerjakan tes. Akses kamera akan otomatis dinonaktifkan setelah peserta menyelesaikan rangkaian tes.
  21. Data pribadi peserta (termasuk hasil potret dari akses kamera gawai peserta selama mengerjakan tes) yang dikumpulkan PT. Talent Fit Indonesia murni digunakan sebagai alat validasi dalam proses seleksi. PT. Talent Fit Indonesia sepenuhnya melindungi data pribadi peserta yang tersimpan dalam sistem PT. Talent Fit Indonesia dari percobaan manipulasi, penyalahgunaan, hingga akses dari pihak yang tidak berwenang dengan sistem keamanan yang terus ditingkatkan.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di website http://akmet.kemendag.go.id

Demikian pengumuman ini disampaikan.

 

Pengumuman resmi dapat diunduh disini.

Surat Pernyataan Kesediaan Mengikuti Psikotes dapat diunduh disini.