Testimoni

 

  “Metrologi ilmu yang tidak hanya mengajarkan tentang teknik tetapi juga tentang jalan hidup, dimana kejujuran mutlak diperlukan dalam setiap langkah. Dan dengan bekerja sebagai abdi masyarakat, kejujuran adalah hal utama. D3 Metrologi memberikan ilmu bagaimana menjadi seorang penera yang kompeten dan berbudi luhur.”

M. Agus H, calon Penera (PNS  Balai Metrologi Wilayah Surakarta)

  “Sejak masuk di metrologi dan instrumentasi tdk pernah ada keraguan dengannya. Ilmunya itu sesuatu karena di tmpt kerja yg sekarang bisa dibilang dasarnya dari MI semua, tinggal dikembangkan saja. Jangan pernah menyesal dengan semua yg sudah dipilihkan dan dipilih, karena semuanya tdk ada yg sia sia.” ^_^

(Galuh Melati Putri, MI2, Technical & Electrical Testing Laboratory Sucofindo)

 

  D3 metrologi instrumentasi
Gak banyak yang tau, dan banyak yang terkecoh dengan kata ‘metrologi’ yang akhirnya dimengerti orang-orang dengan “meteorologi”
“Metrologi itu berarti harusnya masuk BMKG ya Mbak?”
Atau… “Wah jauh banget Mbak, harusnya kan cuaca ya.. kok malah ke pesawat.” Ada satu hal lagi yang bikin orang bertanya-tanya, “kuliah dimana Mbak dulu? ITB ya? S1 berarti?” No one knows that this major is exist.
Tapi setelah pertanyaan-pertanyaan itu, ketika kita bisa menjelaskan dengan benar apa itu metrologi, apa saja yang kita pelajari, justru peluang pekerjaan untuk posisi ‘keteknikan’ jauh lebih terbuka luas.
Jujur, ketika seleksi administrasi masuk PT. GMF Aeroasia tidak ada jurusan metrologi dan instrumentasi dalam requirementnya, dan saya hanya mengandalkan embel-embel kampus ganesha untuk ‘attract’ orang rekrutmen.
Akhirnya setelah kualifikasi secara administrasi, ujian tulis dan psikotest bisa lulus, saya masuk ke tahap wawancara dan disinilah kesempatan saya untuk memperkenalkan jurusan ini. Saya menjelaskan dengan sangat rinci hingga mereka tertarik untuk mengetahui apa saja yang saya pelajari. Inilah salah satu bentuk promosi dan keyakinan saya kalau jurusan metrologi punya nilai tersendiri dan juga memang dibutuhkan dalam bidang ilmu keteknikan apapun. Walaupun sulit pada awalnya karena saya harus beradaptasi dan mencoba bersaing dengan orang-orang yang notabene sudah familiar dengan pesawat, jurusan-jurusan teknik penerbangan, mesin, dan elektronika, dengan usaha yang sedikit lebih besar, akhirnya saya bisa bekerja di PT. GMF Aeroasia sebagai Teknisi di bidang Avionic (aviation elctronics) dan sudah memiliki general licences untuk C1, C2, dan C4.
Prospek jelas terbuka sangat luas bagi mereka yang mau berusaha lebih, sekalipun pada awalnya sulit karena harus belajar lebih keras lagi basic keilmuan yang lain, yang dalam hal ini saya harus belajar ilmu tentang penerbangan.
Jangan terpaku hanya pada kualifikasi tertentu pada saat melihat lowongan pekerjaan, karena buktinya ketika kita bisa menunjukan kompetensi yang kita miliki, it doesn’t matter.
Pinter-pinter promosi aja deh, pinter-pinter ngejual diri, tunjukin kalo emang punya kualitas dan kualifikasi yang justru lebih dari yang diharapkan. 

Ghina Almira Nurdiani, PT. GMF Aeroasia

  “Meskipun awalnya ragu, tetapi ternyata matkul D3 Metrologi Instrumentasi ITB sangat berhubungan dengan bidang kerja saya saat ini, terutama matkul instrumentasi dan kontrolnya. Merasa beruntung pernah didoseni oleh dosen2 hebat dengan segudang cerita dan pemikiran hebat mereka.”

Fauzan Nur Karim (Control and Instrumentation Tech – PT. Cikarang Listrindo Power Company)

 

“Metrologi & Instrumentasi. Banyak yg tidak tau kalo ada jurusan itu. Tapi setelah saya terjun ke dunia kerja di bidang kalibrasi ternyata sangat berkaitan dengan materi yg didapat di kuliah. Apalagi kalibrasi sangat diperlukan di berbagai bidang, baik produksi, konstruksi, manufaktur, chemical, oil and gas, dll. Beruntung saya pernah belajar di jurusan ini dan bersyukur dengan pekerjaan saya sekarang.

(Ginanjar Wiji Saputri,  PT. Global Quality Indonesia)

 

  Banyak hal menarik dalam jurusan D3 Metrologi dan Instrumentasi. Masuk ke jurusan ini merupakan peluang besar saya untuk dapat mempelajari teknik-teknik yang berkaitan dengan pengukuran dan instrumentasi di bidang industri. Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut karena salah satu bidang studi yang ditawarkan oleh Kementrian Perdagangan menjawab kebutuhan bangsa saat iniakan kurangnya Sumber Daya Manusia Metrologi yang mampu menjamin kebenaran dan kualitas pengukuran suatu produk. Setelah lulus, tentu dengan gelar lulusan ini meningkatkan nilai jual para lulusannya baik ke perusahaan swasta maupun PNS.

(Yuliandita Rachma Putri, Staf Produksi PT Gudang Garam Tbk)

 

  Banyak hal baru yang bisa didapat dengan belajar metrologi dan instrumentasi, pendidik yang luar biasa di bidangnya ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Mengenai prospek kerja, semua orang bisa jadi apapun selama dia mau mencoba. Lulusan D3 MI tersebar di perusahaan swasta maupun badan pemerintah, meliputi sektor migas, manufaktur, maupun jasa khususnya jasa di bidang kalibrasi.

(Sri Fahmi Faila, PT. UTC Aerospace Systems Bandung Operations)

 

  Metrologi & Instrumentasi, dulu sempat bingung, ragu dan “underestimate” pada program studi ini. Tapi kini setelah terjun di dunia kerja, ternyata ilmunya sangat berguna dan bermanfaat,

M Khozainul Muna (Quality Control Dept. – PT. Surabaya Mekabox)

 

  D3 metrologi itu memang bidang keilmuan yang belum begitu banyak org tau, tapi perannya vital sebenarnya di masyarakat. Segala macam dimensi pengukuran dari hulu samapi hilir di pelajari di bidang keilmuan ini maka dari itu mengapa lulusan nya pasti sangat berguna bagi banyak bidang perjaan karena kehidupan kita dari kita lahir sampai kita meninggal pasti tidak lepas dari keilmuan ttg pengukuran. Saya bekerja di toyota, dari ilmu metrologi memang secara langsung tidak ada kaitannya dengan manufacturing, akan tetapi disiplin ilmu-ilmu dalam metrologi bisa dipakai disini. Terima kasih.

(Angga Taufik Nugraha, Toyota Motor Manufacturing Indonesia)

  Setelah lulus dari SMA, saya berpikir bagaimana saya harus bisa kuliah. Tapi ga ada duit. Akhirnya saya cari beasiswa. Alhamdulillah Allah mentakdirkan saya masuk D3 Metrologi dan Instrumentasi ITB dengan beasiswa “full”. Selama belajar disini, banyak pengalaman berkesan dan tentunya ilmu2 yang sangat bermanfaat yang tak hanya berguna untuk karir, tapi juga untuk kemajuan bangsa.
Carilah passionmu disini dan tentukan jalanmu sendiri.~ Riski Hadi
(Validation staff, PT. Biofarma (Persero)
Owner Ganeshandal store, Graphic Designer)

 

  Kuliah di ITB itu katanya susah masuk susah keluar dan ternyata berlaku jg untuk jurusan D3 Metrologi walaupun sebatas sekolah vokasi. Banyak keraguan mulai dr awal bahkan sampai setelah wisuda krn kata metrologi sendiri masih sesuatu yg awam di masyarakat luas. Tapi ternyata benar pepatah tak kenal maka tak sayang, setelah sedikit demi sedikit mengenal metrologi dan instrumentasi dan akhirnya bisa mengaplikasikan di dunia kerja saya merasa beruntung saya pernah terpilih menjadi salah satu anak yg beruntung kuliah D3 Metrologi dan Instrumentasi di ITB, belajar banyak hal mulai dr hardskill bahkan softskill dari dosen2 hebat dan teman2 hebat. Dan karena itu sekarang saya berusaha untuk mengenal metrologi dan instrumentasi lebih dalam lagi dalam tugas saya melayani masyarakat di pemda dki jakarta

Hanum Paramudita, UP Metrologi Jakarta

 

  Menurut saya Program D3 Metrologi & Instrumentasi mempelajari ilmu pengukuran dengan lebih spesifik, dan prospek lulusannya tidak hanya seputar laboratorium kalibrasi tetapi juga berbagai bidang industri

(Trianto)

 

  Tidak pernah terbayang sedikitpun oleh saya bahwa setelah lulus dari MA akan melanjutkan studi yg berkaitan dengan teknik, namun rencana Allah lebih baik dari apa yang kita inginkan. Alhamdulillah dengan mendapat beasiswa kuliah di Metrologi dan Instrumentasi ITB, banyak hal yang saya dapatkan terutama ilmu dan semangat pantang menyerah yang diajarkan para dosen hebat disana.

 

” never stop learning because life never stops teaching”

Dicky Fauzi F

( Electric Power Supply Team, PT Krakatau Posco)

 

  D3 metrologies instrumentasi merupaka jurusan yg komplit. Tidak hanya mempelajri tentang meaurement maupun instrumentation tapi juga manufacturing diberbagai bidang industri(oil, automotive, etc). Ilmu yg dipelajari selama kuliah sangat bisa diterapkan didunia kerja (pemerintahan, swasta, entrepreneur). Alumni D3 metrologi instrumentasi sangat dibutuhkan untuk membangun kembali sistem kemetrologian di Indonesia agar tidak terjadi kegaduhan-kegaduhan artinya bisa sistematik, seimbang, selaras antar stakeholder kemetrologian (pemerintah, swasta, konsumen). Saya merasa bangga dan beruntung bisa belajar disini.

(Sri Hartono/ge pamungkas – Research and Development, PT. Astra Daihatsu Motor)

 

  Metrologi itu jantungnya science and technology, karena tidak ada science and technology tanpa pengukuran

Kirjono Mudiarto
Jr. Eng. Pengelolaan EBT
PT PJB UP Cirata

 

  “Sebagai Engineer, saya dituntut untuk dapat menguasai alat ukur, drawing, standar ukuran, nilai toleransi dan technical informasi lainnya untuk menunjang pekerjaan saya. Program studi Metrologi Instrumentasi telah memberikan saya ilmu yg berharga tentang metrologi – sebagai ilmu fundamental dalam pengukuran dan satuan, dan Instrumentasi – sebagai ilmu penting dalam dunia Engineering. Terima kasih MI ITB, semoga ke depannya dapat mencetak tenaga kerja yg lebih berkualitas untuk kemajuan bangsa.”

 

Ridho Muhammad Zulkarnaen
MI ITB 2009
Product Engineer Body Shell and Exterior
Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT.

  Assalamualaikum wrwb

Saya iim, alumni Metrologi Instrumentasi 2011. Alhamdulillah, luar biasa memang rencana Allah untuk saya. Saya kagum dan senang sekali bisa menjadi bagian dari keluarga Metrologi. Sama sekali saya tidak menyesal telah memilih jurusan ini. Banyak sekali ilmu, pengalaman, temen-temen, dan pastinya dosen-dosen yang luar biasa sekali.

Banyak hal saya dan temen-temen pelajari disini, benar-benar mulai dari awal karena memang saya tidak tahu apa-apa tentang metrologi. Sungguh, terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mensupport kami.

Tentang pekerjaan, jangan khawatir. Perusahaan swasta (farmasi, food, perminyakan dsb) membutuhkan orang-orang terampil di bidang metrologi juga. Tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Semuanya akan sukses. Salam metrologi

(Imroatun Sholihah – PT. Almega Sejahtera bagian GWP Consultant)